-->

Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar Agar Tetap Awet

Laptop memang merupakan kebutuhan pokok kita sebagai pekerja kantoran atau para pelajar khususnya.Laptop adalah barang wajib yang harus kita bawa untuk melakukan suatu pekerjaan atau hanya sekedar media hiburan.Laptop memang sangat dibutuhkan untuk aktivitas diluar ruangan.

Banyak orang yang menggunakan laptop hanya sekedar menggunakannya saja tanpa mempedulikan kualitas Laptopnya.Banyak orang diluar sana yang tidak peduli tentang kesehatan Laptop mereka.Laptop yang digunakan terus menerus tanpa ada perawatan akan mengalami yang namanya kerusakan.Bukan hanya Laptop saja,bahkan semua barang jika tidak kita rawat dengan benar pasti barang itu akan rusak.

Kali ini saya akan memberikan beberapa cara agar laptop kita selalu dalam kondisi prima dan tetap awet pastinya.

1.Bersihkan Laptop
Seperti kata pepatah "Kebersihan Sebagian Dari Iman".Kebersihan Laptop memang harus kita jaga agar tetap bersih dan awet.Laptop yang kotor akan menghambat performa Laptop karena debu-debu yang menempel pada Laptop akan masuk ke sela-sela keyboard dan masuk kebagian motherboard.Kita harus membersihkan Laptop minimal 1 minggu sekali.Bersihkan dengan menggunakan kuas untuk sela-sela keyboard dan gunakan lap untuk membersihkan layarnya.

2.Ganti Thermal Paste
Thermal Paste merupakan cairan atau bahan pelapis untuk mendinginkan CPU.Thermal Paste berguna untuk menetralisir panas dari CPU di Laptop kamu.Bila Laptop kamu terasa mudah panas atau overheat,bisa jadi Thermal Paste kamu sudah mulai kering.Bila sudah mulai mengering,segera ganti atau tambahkan Thermal Paste yang bisa di beli ditoko komputer kesayangan kamu.

3.Defragment Harddisk
Beberapa kali saya bilang,harddisk merupakan hal yang penting dan wajib dilakukan untuk menjaga Laptop atau PC kamu dalam kondisi yang tetap prima.Belum tahu caranya? Cara Mendefrag Harddisk

4.Scan Virus
Virus juga merupakan hal yang dapat menghambat performa Laptop kamu.Virus adalah program yang diciptakan untuk meretas,membajak,dan juga merusak Laptop dan PC.Banyak jenis Virus yang berada saat ini mulai dari Warm,Trojan,Spyware,Keylogger,dll.
  • Worm (cacing komputer), bekerja dengan menggandakan dirinya secara sendiri secara terus menerus dalam sistem komputer.  Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri, sehingga Worm membuat space hard disk menjadi penuh dan juga membuat performa komputer lebih lambat akan worm itu. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia.
     
  • Trojan Horse, digunakan untuk memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).
     
  • Rootkit, Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
     
  • Adware (software iklan), menginstal dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet.
     
  • Spyware, merupakan turunan dari adware (perangkat lunak beriklan), yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).
     
  • Keylogger, digunakan untuk merekam ketikan pada keyboard. hasil rekaman ketikan biasanya akan disimpan ke log file. Beberapa perekam ketikan tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke surel tertentu secara berkala. Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.
     
  • Ransomware,belum lama ini malware jenis ini menjadi perbincangan oleh banyak orang cara kerja ransomware adalah mengunci file korban dan meminta tebusan dalam bentuk uang digital(paypal,bitcoin,dll)
5.Jauhkan Laptop kamu dari Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman akan berpotensi merusak Laptop kamu.Bila tangan kamu tidak sengaja mengenai makanan dan minuman maka hal itu akan berakibat fatal.

KESIMPULAN
Banyak hal atau cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar Laptop kita tetap awet dan tahan lama.Tapi,hal yang harus utama adalah kehati-hatian kita sebagai pengguna Laptop.Kita harus benar benar menjaga Laptop kita supaya tetap awet.

PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini,apabila ada salah kata saya mohon maaf dan terimakasih:)

1 Response to "Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar Agar Tetap Awet"

NO SPAM PLEASE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel