-->

Inilah Perbedaan Lisensi Windows Retail,OEM,dan Volume



Perbedaan Lisensi Windows Retail,OEM,dan Volume.Jika kalian ingin membeli windows yang original,pastikan kalian mengenal dulu macam macam lisensi windows yang banyak beredar di indonesia.Setiap lisensi memiliki aktivasi dan maintenance yang berbeda,jadi kalian harus benar benar mengerti berbagai kelebihan dan kekurangan lisensi windows yang beredar di toko toko.

untuk itu,saya akan memberikan perbedaan macam macam lisensi windows yang banyak beredar di toko toko komputer terutama di indonesia:

RETAIL
Jenis Retail merupakan jenis lisensi windows yang paling mahal harganya karena penggunaannya tanpa batas dari install,upgrade,dll.Jenis ini sebenarnya ditujukan untuk kalangan konsumen secara langsung dalam bentuk DVD dan dilengkapi sertifikat.

*kelebihan
Windows Retail lebih fleksibel dan dapat digunakan di berbagai laptop / PC tanpa terikat dengan hardware tertentu. Jadi ketika kamu menginstallnya di PC lama lalu menjual PC tersebut secara kosongan dan membeli PC baru, kamu bisa menginstall Windows Retail PC lama di PC yang baru.

*kekurangan
windows lisensi Retail ini lebih mahal jika dibandingkan jenis lisensi lainnya.

OEM
Lisensi windows jenis ini biasanya bawaan dari laptop.Lisensi ini biasanya sudah pre-installed di dalam PC/laptop yang kita beli.

*kelebihan
Bagi kamu yang mau install ulang,factory reset,atau restore tidak perlu bingung jika lisensi kamu hilang,karena lisensi ini sudah tertanam di hardware PC kamu.

*kekurangan
Windows OEM ditujukan untuk penggunaan dalam satu laptop / PC saja. Jika dalam bentuk DVD, Windows OEM akan merekam nomor serial hardware (biasanya motherboard) dari PC tersebut ketika diaktivasi. Setelah itu kamu tidak akan bisa menggunakan Windows tersebut di laptop / PC lainnya.

VOLUME
Volume License dijual kepada sebuah perusahaan / institusi berdasarkan suatu perjanjian. Dengan jumlah quantity tertentu dan dilengkapi dengan seritifikat bukti kepemilikan. Versi ini yang disebut juga volume license key (VLK) biasa diaktivasi dengan metode MAK (Multiple Activation Key).

kesimpulan
Silahkan memilih Lisensi sesuai kebutuhan kamu.Sebagai acuan,jika kamu membeli laptop dengan harga jutaan kamu mungkin bisa mendapatkan windows orinya namun,hanya beberapa seri laptop saja yang sudah dibekali dengan Lisensi windows ori.

0 Response to "Inilah Perbedaan Lisensi Windows Retail,OEM,dan Volume"

Post a Comment

NO SPAM PLEASE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel