-->

Cara Mengatasi Booting Lama Pada PC

Booting adalah proses menyalanya PC setelah sebelumnya dimatikan.Saat booting terjadi,PC akan memulai semua system dari hardware maupun software.Hal yang mempengaruhi lamanya booting salah satunya adalah HDD.

Saya pernah mengalami masalah ini saat memakai PC lama saya.Saya mengalami booting yang tidak berhenti-berhenti saat menyalakan PC saya.Saya bingung karena didalam PC tersebut saya menyimpan data-data yang penting.Saya mencari solusi untuk masalah PC saya ini,dan saya menemukan solusi sebagai berikut:

1.Periksa Harddisk.
Harddisk atau lebih dikenal dengan instilah HDD,adalah hardware yang sangat berperan untuk booting sebuah PC.HDD berfungsi untuk menyimpan semua data di PC kita termasuk operating system PC kita.
Periksa HDD,bila PC kamu sudah lama dan banyak data penting yang ada di dalam PC kamu.Kamu harus rutin memeriksa HDD caranya dengan menggunakan HDD SENTINEL caranya dengan mengunduh HDD SENTINEL  lalu install seperti biasa.

2.Defrag Harddisk.
Defrag adalah adalah suatu program yang berinduk pada sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja mahupun tidak sengaja. Jika anda membuka file apa pun itu maka secara automatik windows akan bekerja atau mengambil ruang secara automatik dalam penempatan space atau bagian partition dalam hardisk.Caranya yaitu dengan menekan tombol windows(pada windows 10) lalu ketikkan Defrag.
Lakukan defrag minimal 1 minggu sekali agar harddisk kalian dalam keadaan prima.

3.Periksa RAM.
Bila kamu sebelumnya mengganti atau menambah RAM,periksa RAM kamu apakah terpasang dengan benar atau tidak.Jika tidak terpasang dengan benar,Motherboard biasanya akan berbunyi"beep beep" yang menandakan RAM tidak terpasang dengan benar.

4.Ganti HDD dengan SSD.
Ada orang yang mengatakan jika "2017 masih make HDD?" kalimat ini biasanya dijumpai di forum forum PC builder di indonesia.SSD memang memiliki kecepatan berkali-kali lipat dari HDD biasa.SSD biasanya digunakan hanya untuk menyimpan OS dan software software di PC dikarenakan SSD memiliki harga yang mahal ketimbang HDD biasa.

5.Scan Virus.
Virus juga mempengaruhi lamanya booting di PC.Jika kamu merasa sebelumnya telah mendownload program yang ilegal (yang memakai crack),hapus program tersebut karena sebenarnya crack itu adalah virus yang diciptakan untuk membobol lisensi dari program yang kamu install.

6.Lakukan Install Ulang.
Ini solusi terakhir yang dapat kamu lakukan setelah mencoba cara cara diatas tetapi masih belum berhasil juga.Kamu dapat melakukan install ulang dengan mendownload OS dan menginstallnya sendiri lewat bootable flashdisk.Jika kamu kesulita dalam proses instalasi windows,pergilah ke tukang service yang terpercaya dekat rumah kamu.

KESIMPULAN
Penyebab ada banyak penyebab dari booting yang lama salah satunya yaitu:HDD,RAM,OS.Rawatlah PC kamu dengan baik sebaik kamu menjaga pasangan kamu wkwkwk.Sekian dan terimakasih.


2 Responses to "Cara Mengatasi Booting Lama Pada PC"

  1. Waktu itu PC saya tiba tiba mati,nah pas dinyalakan bootingnya lama banget terus saya ganti HDD+saya sudah install windows didalamnya tapi kenapa masih belum bisa booting juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba copot RAM terus dipasang lagi,kalau bukan masalah HDD mungkin ada hardware di PC agan yang rusak

      Delete

NO SPAM PLEASE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel