-->

Penjelasan Fungsi Opsi di Nvidia Control Panel

Bagi kamu masih baru yang menggunakan kartu grafis dari NVIDIA,tentunya kamu masih bingung bagaimana cara mengoprasikannya dan macam macam opsi yang ada di dalam control panel NVIDIA.
Control panel NVIDIA berfungsi untuk mengatus segala yang ada di dalam kartu grafis tersebut.Saking banaknya opsi yang disediakan tentu sebagai pengguna baru kita akan kebingungan fungsi dan kegunaan dari macam macam opsi yang ada.Saya akan memberikan fungsi dan kegunaan dari opsi opsi yang ada di contol panel NVIDIA:

Anistropic Filtering
Berfungsi untuk membuat semua tekstur image 2D yang meliputi semua objek 3D menjadi lebih detail. Semakin tinggi AF maka semakin detail dan tajam teksturnya, sedangkan jika AF-nya rendah beberapa tektur menjadi buram.

Ambient Occlusion
Berfungsi untuk menambah tingkat detail ambience lighting, shadow akan lebih banyak, lebih bagus dan lebih dalam. Di dalam pengaturan game, Ambient Occlusion biasanya diberi nama SSAO. Efek Ambient Occlusion termasuk efek yang cukup berat dalam game, jika memiliki GPU High-End Anda bisa mengaktifkan dengan memilih opsi: performance atau quality. Sedangkan untuk GPU Low-Mid agar mendapat performa yang bagus, pilih opsi Off saja.

Antialiasing Mode
Berfungsi untuk menghaluskan jaggies (sudut yang terlihat kotak-kotak) menjadi terlihat lebih halus (smooth).Terdapat dua opsi yang bisa dipilih,enhance the application setting dan override any application setting. Dari perbandingan, kedua opsi tersebut tidak terlalu signifikan perbedaannya.

Vertical Sync
Vertical Syncronization berfungsi untuk menyamakan atau 'menyingkron garis vertikal' framerate game dengan refresh rate monitor. Umumnya, framerate sebuah monitor adalah 60fps dengan settingan 60Hz. Jika V-Sync dimatikan, biasanya ada frame-frame game yang ter-skip dan terlihat tidak smooth.

Triple Buffering
Berfungsi untuk memproses sebuah adegan frame selanjutnya sebelum ditampilkan ke layar, biasanya frame-frame yang telah diproses disimpan di memory VRAM dalam bentuk framebuffer. Fitur ini memanfaatkan resource komputasi GPU yang masih kosong untuk mengerjakan adegan frame selanjunya sehingga dapat meningkatkan gambar dan gambar terlihat bergerak lebih halus.

Threaded Optimization
Berfungsi untuk memaksimalkan kinerja multithread untuk semua game 3D. Jika menggunakan processor Multi-Core atau Multi-Thread, sebaiknya pilih opsi On atau Auto.

Texture Filtering - Trilinear Optimization
Berfungsi untuk meningkatkan Anistropic dan Trilinear filtering. Jika opsi Texture filtering - Quality kamu tidak memilih opsi High Quality, maka settingan ini bisa diatur ke ON atau OFF.

Texture Filtering - Quality
Berfungsi untuk menentukan tingkat Anistropic dan Trilinear filtering. Terdapat beberapa opsi yang bisa Anda coba untuk GPU yang Anda miliki.

KESIMPULAN
Sebenarnya masih banyak opsi opsi yang lain yang ada di NVIDIA control panel,berhubung hanya itu yang saya tau jadi mohon maaf bila masih banyak yang kurang he..he..he (maklum newbie).NVIDIA membuat opsi opsi yang mendukung kinerja GPU menadi lebih powerfull saat digunakan di PC kita.Kita harus pandai memilih mana opsi yang penting dan mana opsi yang hanya akan membebani kinerja GPU kita.Sekian terimakasih. 









2 Responses to "Penjelasan Fungsi Opsi di Nvidia Control Panel"

  1. oh gitu toh,daridulu saya masih bingung fungsi dari masing masing opsi di NVIDIA control panel,Terimakasih ya...

    ReplyDelete

NO SPAM PLEASE

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel